Sukabumi Diguncang Gempa M 5,3, Cek Sejarah dan Analisis BMKG!

Kerusakan Gempa dengan magnitudo 4,9 yang mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat, Senin (10/30) pukul 17.18 WIB. (Dok. BNPB)

Gempa bumi 5,3 magnitudo mengguncang wilayah Selatan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (15/9/2024). Gempa menguncang wilayah ini pada pukul 16.54 WIB.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Daryono mengatakan hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,1.

“Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,813° LS ; 106,43° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 94 Km arah Barat Daya Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 65 km,” kata Daryono dalam pernyataan resmi, Minggu (15/9/2024).

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, Daryono menjelaskan gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia (intra-slab). Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust).

Adapun, dia menuturkan gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Sukabumi, Cireungas, Ujung genteng, Nagrak, dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah).

“Terasa getaran seakan akan truk berlalu, daerah Cimahi, Lembang, Banjaran, Kab. Bandung dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI,” tegas Daryono.

Hingga pukul 17.20 WIB, dia mengatakan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Namun, kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” ujarnya.

Sejarah Gempa Sukabumi

Sukabumi dan sekitarnya, bahkan Cianjur dan sekitarnya sudah beberapa kali dilanda gempa dengan kekuatan menengah. Sejak tahun 1900 hingga kini, gempa yang melanda Sukabumi dan sekitarnya secara rata-rata berkekuatan 5 skala richter (SR).

BMKG menyampaikan sejarah mencatat sebanyak 15 kali gempa merusak terjadi di kawasan Cianjur-Sukabumi sejak 1844 hingga kini.

“Untuk pertama kalinya, gempa Cianjur-Sukabumi tercatat pada tahun 1844. Sebelum tahun 1844 pernah juga terjadi gempa, tapi tidak tercatat,” ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono di Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Setelah 1844, wilayah Sukabumi-Cianjur pernah dilanda gempa pada tahun 1879, 1900, 1912, 1969, 1973, 2000, 2011, dua kali di 2012, 2020, kemudian 2022, 2023, dan terakhir kemarin.

Berikut sejarah gempa yang melanda Sukabumi dan sekitarnya

kadobet

Kisah Petani Jawa Temukan Harta Karun Emas 16 Kg Saat Gali Sawah

Emas batangan. (AP Photo)

Sebuah kisah datang dari petani di Jawa yang menemukan harta karun emas saat menggali sawah.

Cerita ini bermula ketika Cipto Suwarno sudah seminggu lebih sibuk menggali lahan sawah miliknya di Desa Wanoboyo, Klaten, Jawa Tengah.

Bermodalkan cangkul berukuran sedang, Suwarno menggali tanah dari matahari terbit hingga tenggelam. Tak terhitung berapa luas tanah yang sudah tercabik olehnya.

Pokoknya, dia ingin air irigasi bisa masuk ke lahan sawahnya seperti sedia kala. Maklum, proyek di sekitar sawah telah mengacak-acak kontur lahan. Namun, pada Rabu 17 Oktober 1990 saat menggali di kedalaman 2,5 meter, tangan Suwarno mendadak berhenti.

Mata cangkulnya tiba-tiba menyentuh benda keras. Mulanya dia berpikir hanya batu dan lantas menyingkirkannya. Akan tetapi, saat benda keras itu diangkat dia langsung terperanjat.

“Emas, emas, emass!!!,” teriak Suwarno.

Betapa kagetnya dia melihat benda keras bukanlah batu, melainkan guci keramik dibalut emas. Kerumunan pun langsung terjadi. Di hadapan para pejabat desa, dia melanjutkan penggalian dan ditemukan harta karun fantastis: 16 Kg emas.

“Jika dirinci, barang temuan tadi terdiri dari bokor gembung, 6 tutup bokor, 3 gayung, 1 baki, 97 gelang, 22 mangkuk, pipa rokok, guci besar, 2 guci kecil, 11 cincin, 7 piring, 8 subang, tas tangan, keris, manik-manik, dan uang logam,” tulis Tempo (3 November 1990).

Penemuan Suwarno kemudian dicatat sejarah sebagai Harta Karun Wonoboyo yang kelak dianggap sebagai temuan arkeologi berupa emas terbesar sepanjang sejarah.

Para arkeolog menyimpulkan seluruh harta karun tersebut berasal dari akhir abad ke-9 hingga pertengahan abad ke-10. Kesimpulan ini diperoleh karena bentuk temuan emas yang sesuai dengan zamannya. Dalam mangkuk emas ada relief Ramayana. Lalu, di koin emas terdapat tulisan “Saragi Diah Bunga.”

Terlepas dari kapan dan dari mana harta itu berasal, Harta karun Wonoboyo dapat mengindikasikan bagaimana orang-orang Jawa pada masa kerajaan kuno abad ke-9 dan 10, baik elit atau rakyat biasa, menggunakan emas dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, jauh sebelum masa itu.

Hobi Pakai Emas

Dahulu emas memang bisa diperoleh dengan mudah dan murah. Alhasil, benda berharga itu melekat dalam kehidupan masyarakat Jawa kuno.

Berbagai catatan menunjukkan di era Majapahit (1293-1527 M), misalnya, para bangsawan kerap memiliki emas dalam jumlah besar. Berbagai benda dilapisi oleh emas, mulai dari kereta hingga kipas.

Selain itu, sebagaimana dipaparkan Stuart Robson dalam Desawarna by Mpu Prapanca (1995), kerajaan Daha yang sezaman dengan Majapahit juga punya kebiasaan serupa. Dia menyoroti kebiasaan putri dari Raja Daha yang kerap menggunakan kereta berlapis emas.

Lalu, arkeolog Slamet Mulyana dalam Menuju Puncak Kemegahan (2012), menceritakan bagaimana emas menjadi barang idaman di era Majapahit seperti yang ditulis oleh Empu Prapanca dalam Nagarakertagama.

“Ia ingin sama dengan empu Winada yang bercita-cita mengumpulkan banyak uang dan emas,” tulis Prapanca, ditulis ulang oleh Slamet Mulyana.

Kegemaran mengoleksi emas juga tak hanya buat estetika, tapi juga transaksi perdagangan. Erwin Kusuma dalam Uang Indonesia: Sejarah dan Perkembangannya (2021) mencatat, masyarakat Jawa kuno lazim menggunakan emas dalam transaksi perdagangan di pasar. Hanya saja, transaksi melalui emas digunakan dalam skala besar, seperti jual-beli tanah, bukan transaksi di pasar.

Kaitan antara masyarakat Jawa dan emas juga kerap menjadi sorotan penjelajah asing. Saat berkunjung ke Jawa, penjelajah China takjub melihat para raja hidup mewah. Seperti diceritakan Nusantara dalam Catatan Tionghoa (2009), penjelajah China tersebut melihat emas bertaburan di sekitar raja. Saat makan saja mereka menggunakan peralatan berbahan emas.

Sementara penjelajah Eropa Tome Pires dalam Suma Oriental (1944) juga berkata demikian. Saat mengunjungi Jawa tahun 1513 dia melihat raja Jawa yang sangat kaya. Penampilannya dari atas ke bawah full menggunakan emas. Bahkan, para pengawal dan anjing peliharaan juga memakai kalung dan gelang emas.

Meski hobi memakai emas, mereka tak bisa mendapatnya di Pulau Jawa. Maka, untuk memperolehnya para penduduk biasa mengimpor emas dari Sumatera, pulau yang memang disebut sebagai ‘Surga Emas’. Atau mereka bisa mendapatnya dari India.

Seiring waktu, kebiasaan menggunakan emas terus berlanjut. Namun, saat runtuhnya kerajaan kuno dan kemunculan kolonialisme, terjadi perubahan pola hidup. Di titik perhiasan emas kemudian menjadi harta karun terpendam. Barang itu tertimbun di bawah tanah antah berantah yang terus menjadi objek pemburu harta karun.

Sampai akhirnya, emas kerajaan ditemukan dalam skala besar di Wonoboyo. Harta karun Wonoboyo kemudian disimpan di Museum Nasional, Jakarta.

kadobet

Heboh Dunia Hilang Ditemukan di Wilayah RI, Ini Lokasinya

NIHI SUmba. (Instagram/@NIHI)

Kondisi Bumi berubah dari waktu ke waktu. Tak heran jika ‘dunia’ yang dulunya memiliki peradaban, hilang di telan Bumi seiring terjadinya evolusi. Adapula wilayah yang saat ini berubah drastis dari kondisi ratusan, bahkan ribuan tahun sebelumnya. 

Ternyata, ada dunia hilang yang tersimpan di wilayah Indonesia. Ini semua dimulai ketika para ilmuwan menyatakan bahwa Sumba merupakan rumah bagi berbagai hewan yang sebagian besar telah punah pada ribuan tahun lalu.

Adapun hewan yang sudah punah tersebut, diantaranya gajah mini, tikus, kadal raksasa, hingga dengan spesies komodo.

Demikian diungkapkan peneliti dalam jurnal berjudul ‘Proceedings of the Royal Society B’. Laporan itu merujuk pada penemuan fosil hewan-hewan tersebut. Laporan itu menyebut fosil beragam spesies tersebut hidup di Sumba sekitar 12.000 tahun yang lalu, dikutip dari Mongabay, Senin (16/9/2024).

Bahkan, laporan itu mendapati temuan serius yang memungkinkan bahwa hewan-hewan langka dulu awalnya hidup di wilayah Sumba. Hal ini makin meyakinkan ketika ditemukannya fosil komodo yang saat ini hanya bermukim di Pulau Komodo, Flores. Hal ini memancing asumsi bahwa hewan yang kini termasuk langka itu sebenarnya berasal dari Sumba.

Ekspedisi untuk meneliti hewan-hewan punah ini berlangsung dari 2011 hingga 2014. Tim peneliti berasal dari Zoological Society of London (ZSL). Mereka mengoleksi fosil dari Sumba, sebagai bagian dari kepulauan yang dulu dinamai ‘Wallacea’. Area ini berasal dari biologis Alfred Russel Wallacea yang pertama kali memberikan batasan wilayah berdasarkan penyebaran spesies hewan di Indonesia pada abad ke-19.

Wilayah di dalam Wallacea termasuk Sumba, Sulawesi, Lombok, Flores, Halmahera, Buru, dan Seram. Wilayah Wallacea mendulang popularitas pada 2004, ketika kelompok arkeologi mengumbar fosil makhluk punah yang dinamai ‘hobbit’ atau Homo Floresiensis. Makhluk ini ditemukan di Flores, bagian utara dari Sumba.

Hingga kini, riset tentang Sumba sendiri masih sangat jarang. Survei soal fosil dan kehidupan liar di sana belum terlalu banyak dilakukan.

“Mungkin karena terlalu banyak pulau di Indonesia untuk dipelajari. Masih jarang biologis atau paleontologis yang fokus pada wilayah beragam di Indonesia,” kata Samuel Turvey, anggota peneliti di ZSL.

Para ilmuwan berharap penelitian lebih lanjut di Sumba bisa dilakukan untuk mendapatkan pencerahan soal evolusi spesies di area tersebut.

“Penemuan di area ini bisa membuka wawasan yang menakjubkan soal dunia yang hilang. Ada banyak hewan yang berevolusi di kepulauan Wallacea yang terisolasi namun kemudian punah seiring munculnya peradaban manusia modern,” terang Turvey.

Dunia Hilang di Spanyol

Tak cuma Indonesia, ada pula dunia hilang yang ditemukan di Spanyol. Atlantis yang dikenal sebagai dunia yang hilang berhasil ditemukan melalui sebuah penelitian dari Spanyol.

Peneliti menemukan beberapa pulau yang tenggelam di dekat Kepulauan Canary.

“Ini mungkin asal muasal legenda Atlantis,” kata kepala proyek yang mempelajari aktivitas gunung berapi di Kepulauan Canary, Luis Somoza, dikutip dari Live Science.

Lokasi tersebut, Gunung Los Atlantes adalah serangkaian pulau pada zaman Eocene dari 56 juta hingga 34 juta tahun lalu. Namun gunung telah berhenti meletus dan laharnya memadat, membuat pulau-pulau tenggelam.

Gunung Los Atlantes berada paling timur dari Kepulauan Canary. Pulau berada di gunung bawah laut yang tidak aktif dengan diameter 50 kilometer dan berada di 2,3 km bawah permukaan laut.

“Ini merupakan pulau-pulau di masa lalu dan tenggelam, sekarang masih tenggelam persis seperti yang diceritakan dalam legenda Atlantis,” imbuhnya.

Para peneliti menemukannya saat menjelajahi dasar laut lepas pantai timur Lanzarote. Mereka menggunakan kendaraan yang dikontrol dari jarak jauh (remotely operated vehicle/ROV) pada kedalaman antara 330 hingga 8.200 (100-2.500 meter).

Menurutnya, tim peneliti berhasil menemukan bagian pantai, tebing dan bukit pasir di lokasi tersebut. Pasir yang menutupi batuan vulkanik kemungkinan telah mengendap saat tenggelam.

Para peneliti juga menemukan beberapa pantai tidak tenggelam terlalu dalam. Kedalamannya berkisar 60 meter di bawah permukaan laut.

Mereka juga menemukan gunung berapi tidak aktif dan menjadi pulau saat permukaan air laut rendah saat zaman es terakhir. Sementara saat era tersebut berakhir, pulau akhirnya tenggelam.

“Pulau-pulau ini dihuni oleh para satwa liar,” ucapnya.

kas138

Warga Golput Ancam Pilkada Jakarta 2024, Begini Hitungannya

Petugas kepolisian mengatur arus lalu lintas di depan kantor KPU Provinsi DKI Jakrata, Jalan Salemba Raya, Jakarta, Rabu (28/8/2024). Memasuki hari kedua pendaftaran Cagub-Cawagub DKI Jakarta, ruas jalan di depan Kantor KPU DKI Jakarta, Jalan Salemba Raya, Senen, Jakarta Pusat mulai ditutup sebagian. (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

Bakal calon gubernur (bacagub) DKI Jakarta, Ridwan Kamil mengatakan tidak masalah jika banyak masyarakat yang tidak menggunakan hak suaranya dalam Pilkada Jakarta. Hal ini karena menurutnya golput adalah bagian dari demokrasi di Indonesia.

Kendati demikian, pria yang ingin dipanggil Bang Emil tersebut berharap tidak banyak masyarakat yang melakukan golput ketika hari pencoblosan Pilkada Jakarta.

“Saya juga berharap tidak terlalu banyak yang golput, sehingga kami bisa mencoba netralisir dengan memberikan narasi, solusi, termasuk memberlanjutkan apa-apa yang baik di zaman Pak Anies,” tuturnya di Jakarta, Minggu (15/9/2024).

Sebagai informasi, golput atau kepanjangan dari golongan putih, merupakan sikap tak memilih pada pilihan surat suara di dalam bilik yang dibatasi area bernama tempat pemungutan suara (TPS).

Golput merupakan istilah yang digunakan ketika seseorang yang masuk dalam kategori pemilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) atau Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) memutuskan untuk tidak menggunakan haknya untuk memilih salah satu calon dalam Pemilu atau Pilkada.

Istilah golput muncul jelang Pemilu 1971. Sebutan golput sering dikaitkan dengan sosok Arief Budiman, salah satu tokoh dalam gerakan yang memproklamirkan berdirinya “golongan putih”.

Meski demikian, golput sebenarnya dicetuskan pertama kali oleh Imam Waluyo. Ia adalah salah seorang dalam gerakan bersama Arief Budiman jelang Pemilu 1971.

Jumlah warga golput di Pilkada 2017

Pada Pilkada DKI Jakarta 2017 silam, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat sebanyak 5.563.418 atau 77,1% dari total pemilih 7.218.272 orang menggunakan hak suaranya. Sisanya yakni 1.654.854 pemilih atau sekitar 22,9% tidak menggunakan hak pilihnya alias golput.

Angka golput Pilkada DKI Jakarta pada 2017 silam turun sekitar 10% dibanding Pilkada DKI 2012, di mana angka golput saat itu mencapai 32%.

Turunnya angka golput dari Pilkada 2012 ke Pilkada 2017 disebabkan sejumlah hal. Pertama, meningkatnya kesadaran masyarakat untuk turut menentukan calon pemimpin mereka ke depan.

Kedua, figur calon yang ada juga bisa menjadi pemicu orang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) menggunakan hak suaranya.

Tak hanya itu, sosialisasi intensif dari KPU menjadi salah satu variabel golput bisa turun.

kas138

Sah! Jokowi Resmi Teken Keppres Pengunduran Diri Pramono Anung

Pramono Anung, Sekretaris Kabinet (Dok: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Foto: Pramono Anung. (Dokumentasi BPMI Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani keputusan presiden (keppres) pemberhentian Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Diketahui Pramono memang sudah mengajukan surat pengunduran diri beberapa waktu lalu.

“Pada hari ini, Kamis, 19 September 2024, bapak presiden telah menandatangani Keppres Nomor 105 P tentang pemberhentian dengan hormat bapak Pramono Anung Wibowo sebagai Sekretaris Kabinet, terhitung mulai tanggal 22 September 2024,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam pesan singkat, Kamis (19/9/2024).

Ari juga menjelaskan pemerintah juga memberikan ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasa Pramono selama memangku jabatan sebagai Sekretaris Kabinet.

Diketahui alasan Pramono mundur dari posisi Sekretaris Kabinet karena ikut dalam kontestasi Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta 2024. Pramono maju sebagai calon gubernur DKI Jakarta bersama pasangannya Rano Karno.

Selain itu, Pramono juga mengaku memang mengajukan permohonan mundur per 22 September 2024. Alasannya karena ada persiapan sidang kabinet kedua di Ibu Kota Nusantara.

“Kenapa saya tidak bisa langsung mundur? Karena memang Setneg-Seskab itu melengkapi presiden,” kata Pramono, mengutip Detikcom, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2024).

“Bahkan besok, hari Kamis pun saya harus mempersiapkan sidang kabinet paripurna terakhir di IKN. Sehingga demikian mudah-mudahan tanggal 22 saya bisa dan setelah penetapan bisa penuh untuk melakukan tugas sosialisasi sebagai calon gubernur,” ungkapnya.

Pertamina & Bappenas Kolaborasi Perkuat Ketahanan Energi Nasional

Dok Pertamina
Foto: Dok Pertamina

PT Pertamina (Persero) bersinergi dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas). Hal itu ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang Kolaborasi Perencanaan Transisi Energi Nasional dan Kewilayahan untuk Memastikan Ketahanan Energi.

Adapun PKS ini merupakan kelanjutan dari Nota Kesepahaman yang ditandatangani sebelumnya pada Juni 2024, sebagai upaya menghadapi tantangan global seperti perubahan iklim dan pemenuhan kebutuhan energi.

Penandatanganan dilakukan di Grha Pertamina, Jakarta, Selasa 17 September 2024, oleh Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha Pertamina, A. Salyadi Saputra bersama Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Kementerian PPN/Bappenas Vivi Yulaswati, dengan disaksikan oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Sumber Daya Energi Mineral dan Pertambangan Bappenas, Nizhar Marizi.

Deputi Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian PPN/Bappenas, Vivi Yulaswati menekankan penerapan ekonomi hijau dilakukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan mencapai Net Zero Emission (NZE). Berdasarkan proyeksi Bappenas, kebijakan ekonomi hijau dengan pembangunan rendah karbon dan berketahanan iklim mampu membawa Indonesia mencapai NZE tahun 2060 atau lebih cepat.

Oleh sebab itu, kemitraan strategis menjadi sangat penting, baik dalam perencanaan hingga implementasi kebijakan pembangunan sektor energi. Dengan begitu, penandatanganan kerja sama ini diharapkan dapat menjadi katalis pencapaian ketahanan energi Indonesia.

“Terima kasih atas kerja sama yang luar biasa dari Pertamina untuk kita sama-sama mewujudkan agenda prioritas pembangunan nasional, khususnya dalam menjaga ketahanan energi nasional,” ungkap Vivi dalam keterangan resminya, ditulis Jumat (19/9/2024).

Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha Pertamina, A. Salyadi Saputra menjelaskan bahwa sinergi Pertamina dengan Kementerian PPN/Bappenas dapat mendorong perkembangan industri energi, yang merupakan katalis pertumbuhan perekonomian Indonesia.

“Hal ini juga yang mendorong Pertamina, sebagai BUMN yang berperan untuk memenuhi ketahanan energi nasional. Pertamina harus bisa memastikan bahwa energi kita cukup tersedia, dari sisi availability. Selain itu masyarakat mempunyai akses (accessibility) dan keterjangkauan (affordability) yang cukup untuk mendapatkan energi tersebut. Serta, implementasi dari sisi keberlanjutan (sustainability),” ujar Salyadi.

Di samping itu, Henricus Herwin SVP Strategy & Investment Pertamina menambahkan, transisi energi yang saat ini diterapkan oleh Pertamina dapat mendukung pertumbuhan ekonomi nasional sekaligus menguatkan peningkatan kemampuan Indonesia dalam menghadapi energi trilemma.

Untuk itu, Pertamina menerapkan strategi pertumbuhan ganda (dual growth strategy), yakni mempertahankan dan meningkatkan bisnis eksisting untuk menjamin ketahanan energi nasional dan pada saat yang sama mengembangkan bisnis rendah karbon.

Senada, Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengakui bahwa sinergi Pertamina dengan Kementerian PPN/Bappenas diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat dan Indonesia. Upaya ini mendukung pencapaian NZE Pemerintah Indonesia tahun 2060, terutama dengan kemitraan yang diharapkan akan mempercepat tercapainya target NZE tersebut.

“Pertamina aktif melakukan berbagai upaya untuk mempercepat pencapaian NZE. salah satunya melalui sinergi dengan berbagai institusi, termasuk dengan institusi pemerintah, swasta dan akademisi. Kami berharap peran Pertamina ini akan berimplikasi pada ketahanan energi nasional, sekaligus berdampak positif bagi perubahan iklim,” pungkas Fadjar.

Jokowi Buka Pintu Dialog Buat Arsjad & Anindya Bakrie

Presiden Jokowi Resmikan Kantor FIBA Indonesia, Jakarta, Selasa (17/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Foto: Presiden Jokowi Resmikan Kantor FIBA Indonesia, Jakarta, Selasa (17/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pintunya terbuka bagi siapapun yang mau menemuinya, baik Anindya Bakrie, maupun Arsjad Rasjid.

Hal ini terkait dengan kisruh keduanya setelah Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kadin yang diadakan pada Sabtu (14/9/2024), memilih Anindya Bakrie atau Anin sebagai Ketua Umum menggantikan Arsjad. Arsjad sendiri sebenarnya masih tercatat sebagai ketua umum hingga 2026.

“Siapapun bertemu dengan saya, Saya terbuka gak ada masalah tapi sekali lagi selesaikan masalah Kadin ini di internal Kadin. Jangan menyorong bola panasnya ke Presiden, itu saja,” tegas Jokowi di Menara Danareksa, Selasa (17/9/2024).

Jokowi pun berpesan agar keduanya menyelesaikan kekisruhan di Kadin Indonesia secara internal dan baik-baik.

“Ini bukan organisasi politik, ini adalah organisasi pengusaha. Sehingga saya minta diselesaikan secara baik-baik di internal Kadin, jangan nanti bola panasnya disorong ke saya,” kata Jokowi.

Arsjad sebenarnya telah mengirimkan surat kepada Presiden Jokowi terkait dengan perselisihan ini karena posisinya dia sebagai ketua umum Kadin ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres).

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menyebut surat yang dikirimkan oleh pihak Arsjad Rasjid telah diterima pada Minggu (15/9/2024).

“Hari Minggu tanggal 15 September 2024, Kementerian Sekretariat Negara telah menerima surat dari Bapak Arsjad Rasjid,” kata Ari kepada wartawan pada Senin (16/9/2024).

Namun, Ari mengatakan surat itu belum diterima secara langsung oleh Jokowi dan saat ini masih berada di gedung Kementerian Sekretariat Negara.

“Surat tersebut posisinya masih di Kemensetneg. Belum disampaikan ke Bapak Presiden,” katanya.

Internal Kadin saat ini terpecah menjadi dua kubu karena perebutan kursi jabatan Ketua Umum Kadin. Pada Sabtu (14/9/2024) lalu, Kadin menggelar Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang berakhir dengan mencabut jabatan Arsjad Rasjid dan memberikan posisinya ke Anindya Bakrie.

Arsjad Rasjid sendiri menilai pengangkatan Anindya Bakrie melalui Munaslub merupakan tindakan ilegal dan tak sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Kadin Indonesia. Ia mengatakan akan mengambil tindakan hukum.

“Selanjutnya kami ambil langkah hukum untuk menjaga integritas organisasi,” tegas Arsjad, dalam konferensi pers Minggu.

Ketum Kadin Indonesia versi Munaslub Anindya Bakrie membantah Munaslub digelar sebagai upaya kudeta terhadap Ketum Arsjad Rasjid. Menurutnya, Munaslub ini sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

Terungkap! Ini Pemicu Penjualan Mobil Agustus 2024 Naik 2,79%

Suasana ajang pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten Kamis (18/7/2024). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
Foto: Suasana ajang pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten Kamis (18/7/2024). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Penjualan mobil nasional pada Agustus 2024 mencapai 76.304 unit. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), angka tersebut naik 2.075 unit atau 2,79% dibandingkan penjualan Juli 2024 yang tercatat sebanyak 74.229 unit.

Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara melihat kenaikan penjualan mobil itu tidak serta merta terjadi. Menurutnya, kenaikan penjualan mobil di bulan Agustus 2024 itu disebabkan adanya kemunculan model-model baru

“Naik karena beberapa hal. Kita ada pameran dan ada banyak model baru yang diluncurkan. Masyarakat akan cari model baru yang update. Model baru bisa menaikkan penjualan,” kata Kukuh kepada CNBC Indonesia, Selasa (17/9/2024).

Dalam beberapa waktu belakangan Gaikindo kerap mengadakan pameran mobil, termasuk pada GIIAS Surabaya yang berlangsung 28 Agustus-1 September 2024 lalu. Ia berharap penjualan bisa tetap naik sampai akhir tahun nanti.

“Kita harap ada kenaikan sampai akhir tahun, mudah-mudahan ngga ada isu-isu yang berdampak negatif,” kata Kukuh.

Secara tahunan, penjualan mobil pada bulan Agustus 2024 masih lebih rendah 12.624 unit dibandingkan penjualan Agustus 2023 atau anjlok 14,19%. Kukuh menilai adanya momen Pemilu di tahun 2024 tidak berpengaruh banyak pada penjualan.

“Saya melihat kebijakannya kaya apa, itu wait n see aja. Masalah utamanya di daya beli,” kata Kukuh.

Putin Ancam Uji Nuklir Jika Joe Biden Lakukan Hal Ini

Presiden Rusia Vladimir Putin mengadakan pertemuan mengenai pengembangan infrastruktur Timur Jauh Rusia di sela-sela Forum Ekonomi Timur di Vladivostok, Rusia, Rabu, 4 September 2024. (Vyacheslav Prokofyev, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Foto: Presiden Rusia Vladimir Putin mengadakan pertemuan mengenai pengembangan infrastruktur Timur Jauh Rusia di sela-sela Forum Ekonomi Timur di Vladivostok, Rusia, Rabu, 4 September 2024. (AP/Vyacheslav Prokofyev)

Presiden Rusia Vladimir Putin mengancam akan melakukan serangan ekstrem termasuk diantaranya melakukan uji coba nuklit jika pihak Barat yakni diantaranya Amerika Serikat (AS) mengizinkan Ukraina menggunakan rudal jarak jauhnya.

Sebelumnya, Perdana Menteri Inggris Keir Starmer dan Presiden AS Joe Biden mengadakan pembicaraan di Washington pada hari Jumat, khususnya mengenai penggunaan rudal jarak jauh ATACMS AS atau rudal Storm Shadow milik Inggris untuk menyerang target-target di Rusia.

Mengutip Reutes, atas hal itu, Putin secara tegas mengatakan, bahwa Barat akan secara langsung memerangi Rusia jika mereka melanjutkan langkah tersebut.

Ia menjanjikan sebuah respon yang “tepat” namun tidak mengatakan apa yang akan dilakukan. Pada bulan Juni, bagaimanapun, ia berbicara tentang opsi mempersenjatai musuh-musuh Barat dengan senjata Rusia untuk menyerang target-target Barat di luar negeri, dan mengerahkan rudal konvensional dalam jarak yang dapat dijangkau oleh Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya di Eropa.

Ulrich Kuehn, seorang ahli senjata di Institute for Peace Research and Security Policy di Hamburg, mengatakan bahwa ia tidak menutup kemungkinan Putin memilih untuk mengirim semacam pesan nuklir – misalnya menguji coba senjata nuklir sebagai upaya untuk menakut-nakuti Barat.

“Ini akan menjadi eskalasi konflik yang dramatis,” katanya dalam sebuah wawancara. “Karena intinya adalah, anak panah apa yang akan ditembakkan oleh Putin jika Barat masih terus berlanjut, selain penggunaan nuklir yang sebenarnya?”

Rusia belum pernah melakukan uji coba senjata nuklir sejak tahun 1990, tahun sebelum jatuhnya Uni Soviet, dan ledakan nuklir akan menandakan dimulainya era yang lebih berbahaya, kata Kuehn, sambil memperingatkan bahwa Putin mungkin merasa bahwa ia dianggap lemah dalam menanggapi peningkatan dukungan NATO untuk Ukraina.

“Uji coba nuklir akan menjadi sesuatu yang baru. Saya tidak akan mengesampingkan hal itu, dan hal itu akan sejalan dengan Rusia yang telah melanggar sejumlah kesepakatan keamanan internasional yang telah ditandatangani selama beberapa dekade dalam beberapa tahun terakhir,” katanya.

Munaslub Kadin Panas! 21 Daerah Tolak Anindya Bakrie Jadi Ketua Umum

Detik-Detik Anindya Bakrie Terpilih Jadi Ketum Kadin Versi Munaslub
Foto: CNBC INDONESIA

Sebanyak 21 Dewan Pengurus Kadin Provinsi dengan tegas menyatakan penolakannya terhadap upaya Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Kadin Indonesia dengan agenda utama menggantikan Ketua Umum Arsjad Rasjid.

Penolakan tersebut disampaikan oleh 21 Dewan Pengurus Kadin Provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia, antara lain Provinsi Bengkulu, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Maluku, Maluku Utara, NTT, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Papua Barat Daya.

Penolakan tersebut dilandasi pertimbangan bahwa Munaslub digelar tanpa mengikuti ketentuan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Kadin Indonesia.

Dewan Pengurus Kadin Gorontalo menyatakan sikap menolak Munaslub sesuai keputusan Rapat Pleno. “Dewan Pengurus Kadin Gorontalo menyepakati tetap mendukung kepemimpinan Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia sampai dengan masa bakti tahun 2026. Selain itu, berdasarkan AD/ART Kadin Indonesia, Kadin tidak mengenal Munaslub atau pergantian antar waktu selama Ketua Umum Terpilih tidak melanggar atau menyatakan mengundurkan diri,” kata Ketua Umum Kadin Gorontalo Muhalim Djafar Litty, dalam siaran persnya, Minggu (15/9/2024).

Menurutnya, sesuai dengan AD/ART Kadin Indonesia, Munaslub hanya dapat digelar apabila ada pelanggaran terhadap prinsip-prinsip yang tertuang di dalamnya, dan itu pun setelah diberikan dua kali peringatan tertulis yang tidak diindahkan. Selain itu, permintaan untuk Munaslub harus diajukan oleh minimal setengah dari jumlah Kadin Provinsi dan setengah dari jumlah Anggota Luar Biasa. Maka, 21 Kadin Daerah atau mayoritas yang sudah menolak Munaslub.

Senada dengan itu, Ketua Umum Kadin Sulawesi Tenggara, Anton Timbang menegaskan penolakan terhadap gerakan Munaslub yang tidak sah dan tidak sesuai dengan AD/ART Kadin Indonesia, serta mendukung penuh langkah-langkah kepemimpinan Ketua Umum Kadin Indonesia, Arsjad Rasjid. “Dewan Pengurus Kadin Sulawesi Tenggara menolak segala bentuk gerakan yang tidak sah. Kami menilai segala tindakan yang tidak sejalan dengan aturan organisasi, merusak marwah Kadin sebagai organisasi wadah dunia usaha,” tegas Anton.

Penolakan terhadap Munaslub juga dilontarkan oleh Kadin Papua, Ronald Antonio. Dia bilang, segala tindakan yang tidak sejalan dengan aturan organisasi hanya akan menimbulkan ketidakstabilan dan merusak marwah Kadin sebagai wadah pengusaha yang solid dan terpercaya. “Dewan Pengurus Kadin Papua dengan tegas menolak segala bentuk gerakan yang tidak sah dan tidak sesuai dengan aturan organisasi, termasuk upaya untuk menyelenggarakan Munaslub yang tidak sesuai dengan ketentuan AD/ART Kadin,” ujar Ronald.

Ketua Umum Kadin Maluku Utara, Umar Lessy, juga menyatakan penolakannya terhadap rencana Munaslub dan menegaskan dukungan Kadin Maluku Utara terhadap kepemimpinan Arsjad Rasjid, termasuk keputusannya untuk berhalangan sementara dan penunjukan Pelaksana Tugas Harian Ketua Umum beberapa waktu lalu. “Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid sudah mendapatkan persetujuan untuk berhalangan sementara yang disetujui oleh seluruh Ketua Umum Kadin Daerah dan Asosiasi Luar Biasa. Hal itu sudah sesuai dan tidak melanggar ketentuan Pasal 5 UU No. 1 Tahun 1987 tentang Kadin jo Pasal 14 AD Kadin. Kami percaya bahwa keputusan ini diambil demi menjaga netralitas dan integritas organisasi Kadin,” kata Umar.

Ketua Umum Kadin Bengkulu Ahmad Irfansyah mengatakan, sesuai AD/ART Kadin Indonesia, Munaslub hanya dapat digelar apabila ada pelanggaran terhadap AD/ART. Seluruh anggota Kadin, baik Kadin Daerah maupun Anggota Luar Biasa memiliki kewajiban hukum untuk melaksanakan amanah undang-undang dan menegakan AD/ART dalam aktivitas organisasi. “Kami, Dewan Pengurus Bengkulu dengan tegas menyatakan akan selalu mematuhi seluruh ketentuan dan aturan yang tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Kadin” tegas Ahmad.

Sementara Ketua Umum Kadin Kalimantan Barat Arya Rizqi Darsono menilai, upaya menggelar Munaslub bukan saja bertentangan dengan AD/ART Kadin Indonesia, tapi juga mengancam keutuhan Kadin sebagai organisasi dunia usaha yang dibentuk berlandaskan undang-undang. Dia berharap seluruh anggota Kadin bersatu dan tetap solid menjalankan aktivitas organisasi dengan berpegang pada prinsip-prinsip dan ketentuan dalam AD/ART.

“Kadin Kalimantan Barat berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan seluruh elemen Kadin di Tingkat pusat dan daerah demi menjaga stabilitas organisasi dan berkontribusi positif terhadap kemajuan perekonomian nasional,” tandas Arya.

Sebagai informasi, Kadin Indonesia adalah organisasi yang berfungsi sebagai wadah bagi pengusaha dan mitra strategis pemerintah yang ditetapkan berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1987 (UU Kadin) dan ditegaskan dalam Keppres No. 18 tahun 2022 tentang AD/ART Kadin Indonesia, di mana M Arsjad Rasjid PM merupakan Ketua Umum Kadin Indonesia terpilih masa bakti 2021-2026. Arsjad Rasjid dipilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia masa bakti 2021-2026 berdasarkan keputusan bersama pada Munas VIII Kadin Indonesia tertanggal 30 Juni 2021, di Kendari, Sulawesi Tenggara